Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskipsikan tentang nilai-nilai publik Program Campus Social Responsibility Kota Surabaya. Program Campus Social Responsibility merupakan suatu program untuk menangani anak putus sekolah dan rentan putus sekolah, dengan cara memberikan pendampingan kepada anak tersebut agar dapat kembali untuk bersekolah serta memberikan pendampingan kepada orang tua karena peran orang tua sangat penting dalam mendukung perkembangan anak. Pendampingan tersebut dilaksanakan oleh mahasiswa dari perguruan tinggi yang telah berpartisipasi. Penelitian ini menggunakan teori public value (nilai publik) dari Mark Moore. Dalam teori Mark Moore ini public value (nilai publik) akan dilihat dari beberapa aspek, yaitu legitimasi dan dukungan, kemampuan operasional dan nilai substantansial. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penentuan informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive, dimana informan yang terpilih merupakan pihak yang dianggap paling mengerti dan memahami tentang program tersebut. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data. Berdasarkan hasil yang diperoleh, Program Campus Social Responsibility telah didukung legitimasi berupa Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 2 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial, Peraturan Kota Surabaya Nomor 16 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Pendidikan, Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 6 Tahun 2011 tentang Perlindungan Anak, serta mendapat dukungan dari masyarakat. Dari aspek kemampuan operasional sudah didukung oleh sumber daya manusia, sumber daya teknologi dan sumber daya keuangan yang memadai, dari aspek nilai substansial program ini tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat melainkan juga memiliki kelebihan dari nilai ekonomi, nilai politik, nilai sosial dan budaya, nilai pendidikan dan nilai ekologi.