PERAN MEDIASI MOTIVASI BERPRESTASI PADA PENGARUH ENTREPRENEUR’S SELF EFFICACY DAN NORMA SUBYEKTIF PENGUSAHA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBIAYAAN UKM

Main Author: Ni Made Suci, 091170308
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/74411/1/Dis.%20E.%2020-18%20Suc%20p%20Abstrak.pdf
http://repository.unair.ac.id/74411/2/Dis.%20E.%2020-18%20Suc%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/74411/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran mediasi motivasi berprestasi pada pengaruh entrepreneur’ self efficacy dan norma subyektif pengusaha terhadap keputusan pembiayaan eksternal UKM. Sampel penelitian ini sebanyak 180 pengusaha yang ditetapkan secara purposive sampling. Pengumpulan data dengan kuesioner kemudian dianalisis dengan SEM-PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Entrepreneur’s self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembiayaan eksternal UKM 2) Norma subyektif tidak berpengaruh terhadap keputusan pembiayaan eksternal UKM 3) Motivasi berprestasi pengusaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembiayaan eksternal UKM, 4) Entrepreneur’s self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi pengusaha 5) Norma subyektif pengusaha tidak berpengaruh terhadap motivasi berprestasi pengusaha, 6) Motivasi berprestasi berperan memediasi parsial pengaruh entrepreneur’s self efficacy terhadap keputusan pembiayaan eksternal UKM 7) Motivasi berprestasi pengusaha berperan memediasi parsial pengaruh norma subyektif pengusaha terhadap keputusan pembiayaan eksternal UKM. Penelitian lanjut diharapkan mengembangkan model keputusan pembiayaan eksternal UKM dengan lebih menekankan pada aspek motivasi berprestasi pengusaha karena terbukti meningkatkan pengaruh entrepreneur’s self efficacy dan norma subyektif terhadap keputusan pembiayaan eksternal untUk meningkatkan pertumbuhan usahanya.