PENGARUH KOMPLEKSITAS VISUAL, TIME/EFFORT COST DAN KEPADATAN SPASIAL TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN APLIKASI ONLINE MARKETPLACE TOKOPEDIA

Main Author: AYU KRESNAWATI, 041611223066
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/74287/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.unair.ac.id/74287/2/B%20166-18%20Kre%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/74287/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh Kompleksitas Visual Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Dengan Time/Effort Cost dan Kepadatan Spasial Sebagai Variabel Mediasi. Peneliti memilih aplikasi mobile Tokopedia sebagai media penelitian karena Tokopedia adalah online marketplace yang telah beberapa kali mengubah desain tampilan pada website maupun aplikasi miliknya. Selain itu, Tokopedia adalah online marketplace yang hingga saat ini masih menjadi unggulan dalam bertransaksi online meski telah lama berdiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif survei. Teknik pengumpulan data dilakukan secara online dan offline kepada 202 responden yang pernah atau masih menggunakan aplikasi mobile Tokopedia dengan teknik pengujian data dengan SEM AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompleksitas visual memiliki pengaruh terhadap time/efort cost, kepadatan spasial dan kepuasan pelanggan yang selanjutnya kepuasan pelanggan akan mempengaruhi loyalitas pelanggan.