IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA UNIT BISNIS PETROCHEMICAL PT. PERTAMINA (PERSERO)

Main Author: PRASETYO ADI WICAKSONO, 151510813051
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/74004/1/abstrak%20fv%20pm%2012%2018.pdf
http://repository.unair.ac.id/74004/2/fv%20pm%2012%2018%20wic%20i.pdf
http://repository.unair.ac.id/74004/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Dalam Aktivitas customer relationship management (CRM) yakni mengidentifikasi unit petrochemical PT. Pertamina (Persero) melakukan segmentasi dengan membagi menjadi 2 segmentasi yakni segmentasi geografi serta segmentasi produk, lalu disetiap penjualan terdapat lembar sales order yang mana lembar tersebut juga berguna sebagai data pelanggan untuk mengetahui pelanggan tersebut berada di wilayah mana dengan kebutuhan produk seperti apa. 2. Dalam mengakusisi unit bisnis petrochemical berfokus dengan penyampaian produk dan layanan kepada pelanggan yakni melalui pemasaran langsung melalui media e – mail, katalog, pemasaran online, telemarketing serta penawaran langsung dengan mengunjungi perusahaan.