STRATEGI KREATIF RELAWAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK JALANAN DI KOMUNITAS SAVE STREET CHILD SURABAYA

Main Author: SHABRINA DARA KIRANA, 111211131050
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/73792/1/ABSTRAK_Psi.151%2018%20Kir%20s.pdf
http://repository.unair.ac.id/73792/2/FULLTEXT_Psi.151%2018%20Kir%20s.pdf
http://repository.unair.ac.id/73792/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai strategi kreatif relawan guru di komunitas Save Street Child Surabaya dalam meningkatkan motivasi belajar anak jalanan. Fokus penelitian ini adalah bagaimana strategi kreatif yang dilakukan relawan guru untuk menigkatkan motivasi belajar anak didik mereka. Perspektif teori yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah perspektif pendidikan kritis. Penelitian ini melibatkan tiga orang subjek penelitian yang terdiri dari tiga orang relawan guru yang masih aktif mengajar di SSCS. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus intrisik. Teknik penggalian data yang digunakan adalah wawancara dengan analisis data menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada tiga tema besar strategi kreatif yang digunakan oleh relawan guru untuk meningkatkan motivasi belajar anak jalanan. Yang pertama adalah strategi pendekatan, strategi penguatan, dan strategi pengubahan pola pikir.