PENGARUH INTERVENSI EDUKASI BERBASIS THEORY OF PLANNED BEHAVIOR DALAM MENINGKATKAN KEPATUHAN PASIEN TUBERKULOSIS
Main Author: | NOVIAN MAHAYU ADIUTAMA, 131614153047 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/73454/1/KKC%20KK%20TKP.22-18%20Adi%20p%20ABSTRAK.pdf http://repository.unair.ac.id/73454/2/KKC%20KK%20TKP.22-18%20Adi%20p%20TESIS.pdf http://repository.unair.ac.id/73454/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Pendahuluan: Perilaku kepatuhan pasien tuberkulosis menjadi faktor yang paling krusial dalam upaya mencapai kesembuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intervensi edukasi berbasis Theory of Planned Behavior (TPB) dalam meningkatkan kepatuhan pasien TB. Metode: Quasyexperiment studi dilakukan pada 64 pasien TB di poli paru RSUD dr. Darsono Pacitan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan intervensi edukasi berbasis TPB pada kelompok perlakuan selama 2 bulan. Uji statistik yang digunakan adalah independent t test, paired t test, mannwhithney, wilcoxon test, chi square dan multivariate test. Hasil: Terdapat perbedaan nilai mean yang bermakna di antara kelompok perlakuan dan kontrol pada variabel attitude toward behavioral (ATB), subjective norm (SN), percieved behavior control (PBC), intention, kepatuhan minum obat, pencegahan penularan dan kepatuhan nutrisi. Kesimpulan: Intervensi edukasi berbasis Theory of Planned Behavior terbukti mempunyai pengaruh dalam meningkatkan ATB, SN, PBC, intention, kepatuhan minum obat, pencegahan penularan dan kepatuhan nutrisi pada pasien tuberkulosis.