PERBEDAAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PADA MAHASISWA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN (BIG FIVE PERSONALITY)

Main Author: FIRDAUS RAHMAT ARDLIAN ANWAR, 111111176
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/73446/1/ABSTRAK_Psi.149%2018%20Anw%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/73446/2/FULLTEXT_Psi.149%2018%20Anw%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/73446/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan penggunaan media sosial pada mahasiswa ditinjau dari tipe kepribadian (Big Five Personality). Tipe kepribadian yang dimaksud didalam penelitian ini adalah Big Five Personality berdasarkan pada penjelasan dari McCrae & Costa (2003). Sedangkan penggunaan media sosial berdasarkan pada penjelasan dari Katz, Blumler, dan Gurevitch (1974). Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa angkatan aktif di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga sebanyak 209 subjek yang terdiri dari angkatan 2014-2017. Alat pengumpulan data berupa kuesioner Tipe Kepribadian (Big Five Personality) sebanyak 20 aitem dengan reliabilitas sebesar 0,611 dan alat ukur penggunaan media sosial sebanyak 12 aitem dengan reliabilitas sebesar 0,811. Analisis data dilakukan menggunakan metode anova satu jalur dengan bantuan program SPSS versi 21. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan mean yang signifikan antara penggunaan media sosial terhadap tipe kepribadian (Big Five Personality). Perbedaan mean antar tipe kepribadian sebagai berikut: Sosialisasi  Extraversion nilai mean sebesar 21,4. Agreeableness nilai mean sebesar 20,8. Conscientiousness nilai mean sebesar 21,8. Informasi  Neuroticism nilai mean sebesar 20,9. Sosialisasi dan Informasi  Opennes to Experiencess nilai mean sebesar 43,4.