EFISIENSI PERAN PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) KANTOR CABANG KUSUMA BANGSA – SURABAYA DALAM MENYALURKAN DANA PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP)

Main Author: Widya Sendy Winata, 151510913011
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/73224/1/abstrak%20fv%20pbk%2017%2018.pdf
http://repository.unair.ac.id/73224/2/FV%20PBK%2017%2018%20%20Win%20e.pdf
http://repository.unair.ac.id/73224/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui mengenai Program Indonesia Pintar (PIP) yang terkait dengan sasaran dan besaran dana serta bagaimana penyaluran dana (2) mengetahui bagaimana peranan Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Kusuma Bangsa, Surabaya dalam menyalurkan dana Program Indonesia Pintar.Dalam penulisan tugas akhir ini, Penelitian merupakan penelitian deskriptif, menggunakan metode kualitatif dan data diperoleh dari hasil wawancara dari pihak bank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program Indonesia Pintar yang disebut PIP adalah bantuan berupa uang tunai dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik yang orang tuanya tidak dan/atau kurang mampu membiayai pendidikannya, sebagai kelanjutan dan perluasan sasaran dari program Bantuan Siswa Miskin (BSM) (2) dalam pelaksanaannya, Bank Rakyat Indonesia ditunjuk oleh Pemerintah yang digagas oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dalam menyalurkan dana Program Indonesia Pintar ini (3) Pemerintah melakukan kerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Kusuma Bangsa sejak Juni 2016 dengan penyaluran dana secara tunai, lalu untuk tahun berikutnya terhitung sejak Agustus 2017, Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Kusuma Bangsa mengefisiensikan penyaluran dana Program Indonesia Pintar melalui pembukaan rekening BRI Tabungan SimPel (Simpanan Pelajar).