PENGARUH VISUAL COMPLEXITY DAN CONTEXTUAL RELEVANCE TERHADAP STORE ATTRACTIVENESS, TRUST, DAN ONLINE PURCHASE INTENTION PADA LAPAK DALAM ONLINE MARKETPLACE LAZADA

Main Author: BENEDICTUS BRAMANTYA, 041411231203
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/72605/1/ABSTRAK_B.132%2018%20Bra%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/72605/2/FULLTEXT_B.132%2018%20Bra%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/72605/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menguji pengaruh visual complexity dan contextual relevance pada tampilan lapak dalam online marketplace Lazada terhadap store attractiveness dan trust menggunakan teknik analisis uji MANOVA, kemudian dikaitkan dengan online purchase intention konsumen menggunakan uji regresi berganda. Penelitian ini menggunakan desain faktorial 2 x 2 dan menggunakan teknik random assignment pada 160 partisipan mahasiswa. Sebelum dilakukan main test, dalam penelitian ini dilakukan cek manipulasi untuk memastikan bahwa partisipan memahami stimuli hasil manipulasi peneliti, kemudian dilakukan pretest guna menentukan produk yang tidak bergender. Variabel dalam penelitian ini, pada main effect ditemukan bahwa penggunaan jenis visual complexity yang berbeda akan menghasilkan perbedaan store attractiveness dan trust. Visual complexity jenis high lebih menghasilkan store atrractiveness dan trust yang tinggi. Pada contextual relevance juga ditemukan adanya perbedaan store attractiveness dan trust. Tampilan lapak yang menampilkan tampilan yang memiliki keterkaitan informasi antara gambar dengan deskripsi akan menghasilkan store attrectiveness dan trust yang lebih tinggi. Selain itu, dalam penelitian ini terbukti bahwa store attractiveness dan trust berpengaruh positif terhadap online purchase intention.