PENGARUH FITUR HEDONIK DAN UTILITARIAN PADA SITUS PEMESANAN HOTEL TERHADAP KOMITMEN DAN LOYALITAS KONSUMEN: STUDI PADA SITUS TRAVELOKA.COM
Main Author: | ARYA DEWANATA, 041211232083 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/72551/1/ABSTRAK_B.123%2018%20Dew%20p.pdf http://repository.unair.ac.id/72551/2/FULLTEXT_B.123%2018%20Dew%20p.pdf http://repository.unair.ac.id/72551/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- E-Commerce dalam bidang perhotelan telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir ini, dimana sebelumnya penjualan diawali produk yang kurang kompleks seperti tiket pesawat, akomodasi, dan penyewaan mobil hingga merangkul produk yang lebih kompleks seperti paket liburan. Namun, selama ini portal travel online selalu dianggap kurang ketika membuat atau menciptakan lingkungan online yang menyenangkan bagi pelanggan. Mengembangkan portal belanja online yang menarik dan berguna tentu akan membantu e-commerce perusahaan dalam membangun dan memelihara hubungan dengan pelanggan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh fitur website pada situs Traveloka.com terhadap komitmen dan loyalitas. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian sebanyak 200 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan pemesanan hotel melalui Traveloka.com dalam 6 bulan terakhir. Peneliti mendapatkan responden dengan cara menyebarkan kuesioner secara online. Penelitian ini menggunakan teknik analisis structure equation modeling (SEM) dengan menggunakan aplikasi AMOS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Fitur Hedonik dan Utilitarian berpengaruh positif baik terhadap Komitmen Afektif dan Kalkulatif. Komitmen Afektif dan Kalkulatif juga berpengaruh positif terhadap E-Loyalty.