PENCARIAN SERTA KONSUMSI KONTEN OLEH KONSUMEN GENERASI Y MELALUI PERANGKAT MEDIA INTERNET (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA GENERASI Y DI KOTA SURABAYA)

Main Author: ANSHARI JUNIOR RAHMATULLAH, 041311233140
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/72545/1/ABSTRAK_B.119%2018%20Rah%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/72545/2/FULLTEXT_B.119%2018%20Rah%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/72545/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi internet membuat pola konsumsi konten informasi dan konten hiburan pada generasi Y mulai berubah. Generasi Y tumbuh dan berkembang sejak awal media internet tumbuh dan berkembang, hal ini membuat generasi Y banyak terlibat dengan media digital atau online. Penelitian ini meneliti tentang apa aktivitas yang dilakukan generasi Y serta motif apa yang mendorong generasi Y untuk mengkonsumsi konten hiburan serta konten informasi. Subjek penelitian adalah 21 (dua puluh satu) orang Generasi Y yang bekerja di Surabaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara secara mendalam. Teknik analisis mengacu pada teknik Yin (2011) dilakukan melalui triangulasi serta coding. Hasil penelitian ini menyatakan aktivitas yang dilakukan generasi Y dalam pencarian dan konsumsi konten informasi dan konten hiburan dimana ada 4 faktor yang melatarbelakangi niat untuk berperilaku pada generasi Y dalam mencari dan mengkonsumsi konten, yaitu subjective norm berupa dorongan social untuk memperbarui wawasan, attitude berupa sikap terhadap perangakat media, perceived behavioural control berupa ketersediaan waktu, keandalan perangkat, kendala pada saat penggunaan perangkat, personalisasi konten, kemudian motif terdiri dari kebutuhan, serta motif gratifikasi. Pada penelitan ini mengarah pada implikasi pemasaran khususnya pada iklan dalam konteks iklan pada Generasi Y, iklan yang disukai generasi Y adalah iklan yang sesuai dengan preferensi invividu generasi Y (Interest-based advertisement) dimana dalam interest-based advertisement, pemasar bisa menyesuaikan dan menjangkau target audiens dengan menggunakan iklan yang sesuai pada ketertarikan masing-masing individ, iklan seperti ini dinilai dapat mendorong generasi Y untuk mau menonton atau mengklik iklan tersebut pada saat melakukan pencarian serta mengkonsumsi konten.