Daftar Isi:
  • Minat baca masih menjadi permasalahan yang sangat memprihatinkan bagi Indonesia. Permasalahan minat baca juga terjadi pada kalangan mahasiswa yang notabene mereka hidup dalam ruang lingkup akademik. Penyebab rendahnya minat baca di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah masalah perbukuan di Indonesia. Namun, terlepas dengan segala bentuk permasalahan perbukuan di Indonesia, keberadaan teknologi saat ini membawa beberapa perubahan dalam kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah adanya fleksibilitas dalam mendapatkan sebuah bacaan yang dibutuhkan dalam sebuah lingkungan digital melalui beragam aplikasi atau platform bacaan digital. Hal ini juga merubah gaya membaca masyarakat beralih menjadi membaca digital. Adanya bentuk teknologi dan segala kemudahannya tidak serta merta dapat mengatasi permasalahan minat baca di Indonesia. Oleh karenanya, penelitian ini ingin menguji apakah adanya akses atau penggunaan terhadap aplikasi bacaan digital dapat mempengaruhi tingkat minat baca seseorang khususnya di kalangan mahasiswa Universitas Airlangga. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatif dengan menggunakan mahasiswa Universtas Airlangga sebanyak 100 orang sebagai responden. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan aplikasi bacaan digital (X) terhadap tingkat minat baca (Y), dan keduanya memiliki hubungan yang positif. Artinya, apabila penggunaan aplikasi bacaan digital rendah maka tingkat minat baca juga akan semakin rendah, dan apabila penggunaan aplikasi bacaan digital tinggi, maka tingkat minat baca juga akan semakin tinggi. Temuan tersebut berdasarkan hasil koefesien t hitung sebesar 9,849 sedangkan t tabel sebesar 1,987. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa t hitung lebih besar daripada t tabel (9,849 > 1,987) dengan taraf signifikansi 0,05 maka H0 ditolak sehingga ada pengaruh anara variabel X dan Y. Pengaruh tersebut merupakan pengaruh yang kuat, dengan kefisien korelasi sebesar 0,705. Sementara besarnya pengaruh variabel penggunaan aplikasi bacaan digital (X) terhadap tingkat minat baca (Y) sebesar 49,7%. Sementara sisanya yakni 50,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini.