Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang pendidikan pada masa pendudukan Jepang di Surabaya. Jepang menguasai Surabaya pada tahun 1942-1945 dengan menerapkan sistem dan kebijakan yang baru. Sistem yang baru ini berdampak pada pendidikan masyarakat Surabaya dan menimbulkan perubahan sosial. Jepang menerapkan pendidikan dengan berbasis militer serta penuh dengan propaganda perang dan anti- Barat. Para pelajar saat itu juga tidak lepas dari pekerjaan sukarela Jepang, yaitu Romusha. Metode yang digunakan untuk penelitian skripsi ini yaitu pengumpulan data, heuristic, kritik sumber, interpretasi dan historiografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan pada masa pendudukan Jepang adalah hanya untuk mencetak prajurit untuk perang Asia Timur Raya, berbeda dengan pendidikan pada masa kolonial Belanda yang mencetak sumber daya manusia yang ahli. Saat Jepang mulai terdesak dalam perang melawan sekutu, Jepang membuat barisan yang diterdiri dari pemuda dan pemudi Surabaya yang bertujuan untuk membantu perang, sumber data untuk penelitian berasal dari surat kabar yang terbit pada tahun 1942-1945 seperti Surat Kabar Soeara Asia, Djawa Baroe, Asia Raya dan majalah Kan Pō.