THE IMPLEMENTATION OF CORRECTIVE FEEDBACK PROVIDED BY A TEACHER TOWARDS STUDENTS AT GLOBAL ENGLISH (GE) PARE IN SPEAKING CLASS
Main Author: | MARINDA AYU BESTARI, 121511223039 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/71700/1/ABSTRAK_FS.BE.56%2018%20Bes%20i.pdf http://repository.unair.ac.id/71700/2/FULLTEXT_FS.BE.56%2018%20Bes%20i.pdf http://repository.unair.ac.id/71700/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Error biasanya terjadi ketika siswa meghadapi kesulitan. Error bersifat sebagai masalah yang tidak dapat dihilangkan dari siswa dalam proses belajar. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memberikan corrective feedback. Li menyatakan bahwa corrective feedback merupakan suatu respon untuk siswa yang belajar bahasa kedua (2010, p. 309). Lyster dan Ranta merupakan pengusul dari teori corrective feedback (1997). Enam tipe corrective feedback digunakan untuk menganalisis data dan juga alasan guru dalam pemberian tipe tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Global English, Pare. Peserta dari penelitian ini adalah guru dan siswa dari kelas speaking-3. Observasi, perekam audiovisual, dan interview digunakan untuk mengambil data. Hasil yang ditemukan adalah recast menjadi tipe paling banyak yang diberikan guru. Sedangkan tipe paling sedikit yang diberikan di kelas adalah elicitation dan clarification request. Penelitian ini juga menemukan ada enam alasan guru dalam memberikan corrective feedback di kelas yaitu cara paling cepat untuk mempersingkat waktu, membantu siswa mendapatkan pengertian yang lebih baik lagi, untuk menstimulasi siswa memberikan jawaban yang lain, untuk membangun kesadaran siswa, untuk menyadarkan siswa tentang jawaban yang salah, dan untuk menghindari kesalahpahaman antar guru dan siswa.