PENGARUH PERSEPSI KEADILAN REMUNERASI DAN MOTIVASI PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Pegawai Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Bali)
Main Author: | Andry Verozika, 091614253021 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/71149/1/abstrak.pdf http://repository.unair.ac.id/71149/2/full%20text.pdf http://repository.unair.ac.id/71149/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis dan memperoleh bukti empiris berkaitan dengan pengaruh persepsi keadilan remunerasi dan motivasi pelayanan publik terhadap kinerja pegawai Direktorat Jenderal Pajak melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Subjek penelitian ini adalah pegawai Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Bali. Penelitian ini bersifat explanatory dengan jumlah responden sebanyak 202 orang. Metode pengumpulan data melalui survei dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Sederhana dan Analisis Jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi keadilan remunerasi memiliki pengaruh signifikan pada kinerja dan persepsi keadilan remunerasi bepengaruh signifikan kepuasan kerja, motivasi pelayanan publik memiliki pengaruh pada signifikan pada kinerja dan motivasi pelayanan publik memiliki pengaruh pada signifikan pada kepuasan kerja, dan yang terakhir Persepsi Keadilan Remunerasi dan Motivasi pelayanan publik mempunyai pengaruh positif terhadap Kinerja Pegawai yang dimediasi oleh Kepuasan Kerja. Saran yang dapat disampaikan dari penelitian ini adalah DJP perlu lebih mengembangkan aspek motivasi intrinsik melalui sistem remunerasi yang adil dan motivasi yang bersifat ekstrinsik melalui motivasi pelayanan publik secara bersama-sama agar mendapatkan kepuasan kerja dan kinerja pegawai yang optimal.