Daftar Isi:
  • Penelitian yang berjudul pilihan rasional profesi pustakawan pada kalangan pustakawan sekolah di kota Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seorang aktor memilih profesi dan menekuni profesi pustakawan sekolah, apa yang mendasari mereka dalam melakukan pilihan rasionalnya untuk menekuni pekerjaanya dan bagaimana kehidupan yang mereka jalani dalam dunia perpustakaan. peneliti menganggap penting karena, fenomena mengenai pustakawan sekolah banyak dibicarakaan, karena pandangan dan citra bahwa pustakawan sebagai profesi yang tidak menguntungkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan kajian fenomenologi, yakni dengan cara wawancara mendalam. Penelitian ini menggunakan 6 orang pustakawsn sekolah sebagai narasumber dengan pedoman wawancara menggunakan teori Tindakan Rasional Max Weber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, seorang aktor memilih profesi sebagai pustakawan sekolah selalu mempertimbngkan segala resikonya dengan keuntungan yang didapatkan dari profesinya. Aktor menyadari akan alat yang dimilikinya untuk bisa dikelola dengan baik dan dimaksimalkan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Peneliti menggolongkan rasionalitas aktor menjadi tiga tipe yakni rasionalitas instrumental, rasionalitas berorientasi nilai, dan rasionalitas substantif Penelitian ini menggunakan kajian fenomenologi, maka seluruh tindakan yang dilakukan oleh pustakawan sekolah merupakan tindakan yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari memaksimalkan seluruh sumber daya yang dimilikinya. Seorang pustakawan sekolah dalam memilih profesinya selalu melibatkan rasionalitas sehingga dalam keseharianya selalu mempertimbangkan maksimalisasi keuntungan yang diterimanya. Fleksibelitas profesi pustakawan sekolah membuat mereka cenderung bertahan menekuni profesi pustakawan sekolah.