Daftar Isi:
  • Fokus penelitian ini adalah mengenai persepsi konsumen terhadap program CSR “Donasi Konsumen” Alfamart pada periode 2017 di Surabaya. Penelitian ini menarik karena fenomena “Donasi Konsumen” yang telah memunculkan polemik di masyarakat. Bagi peneliti sendiri, ketertarikan tersebut berawal dari adanya perubahan atau literasi CSR di Indonesia, dimana saat sekarang masyarakat sudah mulai peduli dengan suatu fenomena yang berkaitan dengan CSR. Dengan metode FGD (Focus Group Discussion), diharapkan dapat mengumpulkan data dan informasi yang sistematis mengenai suatu permasalahan tertentu yang sangan spesifik melalui diskusi kelompok. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan ditemukan hasil analisis persepsi konsumen generasi Y dan Z menginterpretasikan “Donasi Konsumen” sebagai bentuk kegiatan transaksional, donasi Konsumen dianggap sebagai solusi pemasalahan teknis manajerial, donasi Konsumen dianggap sebagai bentuk dari charity, dan donasi Konsumen dianggap tidak transparan.