PENGARUH DIVERSIFIKASI USAHA DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2005 - 2007

Main Author: ROSYIDA ARIANI, 040510141
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/705/1/Skripsi%20Rosyida%20Ariani%20040510141_versi2.doc%20-%20gdlhub-gdl-s1-2011-arianirosy-12965-b31710-p.pdf
http://repository.unair.ac.id/705/2/gdlhub-gdl-s1-2011-arianirosy-12965-b31710-p.pdf
http://repository.unair.ac.id/705/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana pengaruh diversifikasi usaha dan leverage keuangan terhadap nilai perusahaan dengan varibel kontrol ukuran perusahaan (firm size), profitability, capital expenditure (investment). Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi pihak-pihak yang berkepentingan dan menjadi referensi tambahan bagi penelitian sebelumnya. Nilai perusahaan mencerminkan penilaian investor atas perusahaan dilihat dari excess value dari perusahaan. Diversifikasi usaha menunjukkan tingkat pengembangan perusahaan yang dilakukan melaui jumlah perusahan yang dikelola maupun tingkat segmen usaha yang dimiliki, minimal 2 segmen usaha. Dalam penelitian ini, diversifikasi usaha merupakan variabel dummy (dimana perusahaan memiliki segmen lebih dari satu segmen usaha = 1, sedangkan perusahaan memiliki segmen tunggal = 0) yang proses penghitungannya level diversifikasi usaha diukur dengan menggunakan rumus indeks herfindahl. Semakin indeks mendekati angka satu, maka penjualan perusahaan akan terkonsentrasi pada segmen tertentu. Leverage keuangan menunjukkan penggunaan hutang dalam struktur modal. Size menunjukkan besar kecilnya suatu perusahaan. Profitabilitas menunjukkan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan profit atau laba selama satu tahun yang dinyatakan dalam rasio operating profit margin, sedangkan capital expenditure menunjukkan pembiayaan investasi dalam jangka panjang oleh perusahaan berupa fixed asset. Penelitian ini mengambil populasi perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI selama periode 2005-2007. Metode yang digunakan untuk menentukan sampel adalah purposive sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 47 perusahaan, selama 3 tahun periode penelitian, sehingga diperoleh observasi sebanyak 141 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda, dengan model analisis EV D DEBT SIZE EBIT/ sales CAPEX/ sales 1 2 3 4 5 . Nilai R2 sebesar 0,285 menunjukkan bahwa sebesar 28,5% variabilitas nilai perusahaan dapat dijelaskan oleh diversifikasi usaha, leverage, size, profitability, dan capital expenditure, sedangkan sisanya sebesar 71,5% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian.