HUBUNGAN CARA ORANG TUA MENGASUH DENGAN KEMAMPUAN SOSIAL AWAL SEKOLAH ANAK PRASEKOLAH DI PLAYGROUP TAMAN CERIA SURABAYA

Main Author: Erlia Widyaningrum, 131211132050
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/70410/1/KKC%20KK%20FKP.N%2058%20-%2018%20%20Wid%20h-Abstrak.pdf
http://repository.unair.ac.id/70410/2/KKC%20KK%20FKP.N%2058%20-%2018%20%20Wid%20h.pdf
http://repository.unair.ac.id/70410/
http:// lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Pendahuluan: Perkembangan psikososial anak usia prasekolah merupakan tahapan anak untuk berimajinasi mengkaji lingkungan dan meniru orang lain. Cara orang tua mengasuh anak prasekolah dengan tepat sangat diperlukan bagi anak untuk mempersiapkan anak bersekolah. Kenyataannya di Indonesia masih banyak orang tua yang kurang baik dalam memainkan peran dalam meningkatkan interaksi sosial dan mental anak. Akibatnya perkembangan psikososial anak menjadi terlambat seperti kendala dalam komunikasi dan bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan cara orang tua mengasuh dengan kemampuan sosial anak prasekolah di Playgroup Taman Ceria Surabaya. Metode: Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan yaitu 20 responden orang tua yang memiliki anak yang bersekolah di Playgroup Taman Ceria Surabaya. Variabel bebas penelitian ini adalah cara orang tua mengasuh. Variabel terikat adalah kemampuan sosial awal sekolah anak prasekolah. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner yang kemudian dianalisis menggunakan uji statistik Spearman rho dengan tingkat signifikasi α = 0,05. Hasil: Hasil statistik menunjukkan terdapat hubungan yang sedang antara cara orangtua mengasuh dengan kemampuan sosial awal sekolah anak prasekolah (p=0,006)(r=0,592). Diskusi: Penelitian selanjutnya diharapkan untuk meneliti terkait karakteristik orang tua (peran pengasuhan terbesar, pola asuh) dengan kemampuan sosial anak prasekolah, sehingga orang tua dapat menerapkan cara mengasuh yang lebih baik.