PERBEDAAN EFEKTIVITAS BUKU POP-UP DAN LEAFLET PENCEGAHAN DIARE TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN, SIKAP, PERSEPSI, DAN NIAT UNTUK BERTINDAK PADA SISWA KELAS 5 SDN BULAK BANTENG SURABAYA

Main Author: TERESINA IKA PERTIWI, 101511123039
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/70147/1/abstrak%20fkm%2071%2018.pdf
http://repository.unair.ac.id/70147/2/fkm%2071%2018%20Per%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/70147/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Angka kesakitan serta kematian akibat penyakit menjadi indikator untuk melihat derajat kesehatan masyarakat. Diare merupakan penyakit menular yang masih menjadi masalah kesehatan masyarakat di Indonesia. Kondisi permasalahan kesehatan ini perlu segera diantisipasi salah satunya dengan pemberian promosi kesehatan. Agar diperoleh hasil efektif dalam proses promosi kesehatan diperlukan media pendidikan yang sesuai dengan karakteristik sasaran. Salah satu media tersebut yaitu leaflet dan buku pop-up. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas buku pop-up dan leaflet pencegahan diare terhadap peningkatan pengetahuan, sikap, persepsi, dan niat untuk bertindak pada siswasiswi kelas 5 di SD Negeri Bulak Banteng Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan Quasi Experimental. Penelitian dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama yaitu uji coba media dan dievaluasi dari hasil pre dan post-test. Media uji coba mendapat masukan dari responden kemudian media di revisi dan diuji kembali pada responden tahap kedua. Sampel penelitian menggunakan total populasi, 20 responden untuk tahap pertama dan 34 responden pada tahap kedua untuk tiap kelompok. Hasil penelitian menggunakan Wilcoxon Sign Rank menunjukkan tidak terdapat perbedaan signifikan antara hasil pre dan post-test seluruh variabel (pengetahuan, sikap, persepsi dan niat bertindak) pada kelompok yang diberi leaflet dan hasil yang signifikan untuk seluruh variabel pada kelompok yang diberi buku pop-up. Efektivitas media berdasarkan peningkatan mean rank menunjukkan bahwa kelompok buku pop-up memiliki peningkatan skor pengetahuan (9,12), sikap (11,18), persepsi (6,47) dan niat untuk bertindak (7,35) yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan skor pengetahuan (3,23), sikap (2,06), persepsi (0,59) dan niat untuk bertindak (0,83) milik kelompok leaflet. Kesimpulan dari penelitian ini adalah buku pop-up lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan, sikap, persepsi, dan niat untuk bertindak mengenai perilaku pencegahan diare pada siswa kelas 5 SDN Bulak Banteng Surabaya jika dibandingkan dengan media leaflet.