PERBEDAAN TINGKAT PERSEPSI TERHADAP STRES DITINJAU DARI KEPRIBADIAN TIPE A DAN B DAN KARAKTERISTIK PEKERJAAN PADA CALL CENTER AGENT DI TELKOM 147 MALANG
Main Author: | AGNES SAVISTA, 110911143 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/70101/1/abstrak.pdf http://repository.unair.ac.id/70101/2/full%20text.pdf http://repository.unair.ac.id/70101/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan tingkat persepsi terhadap stres ditinjau dari kepribadian tipe A dan B dan karakteristik pekerjaan pada call center agent di Telkom 147 Malang. Hal yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah perkembangan bisnis call center di Indonesia setiap tahunnya yang semakin baik namun diikuti oleh tingginya staff atrition. Staff atrition juga nampak terjadi di Telkom 147 Malang. Staff atrition terjadi karena karakteristik pekerjaan call center yang memang rentan stres, serta dipengaruhi oleh kepribadian yang dimiliki membuat agent memilih keluar dari pekerjaannya dan mencari pekerjaan lain. Penelitian ini dilakukan pada call center agent yang berkerja di Telkom 147 Malang, dengan jumlah sampel (N) sebanyak 158 orang . 5 orang agent tidak terklasifikasi dalam kepribadian tipe A maupun B. Jumlah subjek penelitian sebanyak 153 agent dengan 93 agent memiliki kepribadian tipe A dan 60 agent berkepribadian tipe B. Alat pengumpul data berupa skala persepsi stres ( Perceived Stress Scale) yang diadaptasi dari skala milik Cohen (1983) terdiri dari 10 aitem, skala job demand - job decision latitude & social support model yang diadaptasi dari skala yang disusun oleh Theorell berdasarkan dimensi milik Karasek (17 aitem), dan skala kepribadian tipe A dan B terdiri dari 35 aitem. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik Kruskal Wallis dengan bantuan program statistik SPSS versi 16.0. Dari hasil analisis data penelitian diperoleh hasil uji perbedaan tingkat persepsi terhadap stres ditinjau dari kepribadian tipe A dan B dengan nilai signifikasi 0,720 (p Sig.<0,05); hasil uji perbedaan tingkat persepsi terhadap stres ditinjau dari karakteristik pekerjaan dengan nilai signifikansi 70,370 (p Sig.<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan tingkat persepsi terhadap stres ditinjau dari kepribadian tipe A dan B dan karakteristik pekerjaan pada call center agent di Telkom 147 Malang