PENGARUH PRODUCT POPULARITY CUES DAN PRICE CUES TERHADAP PERSEPSI RISIKO , PERSEPSI KUALITAS, SIKAP TERHADAP IKLAN DAN NIAT BELI KONSUMEN PADA PERIKLANAN PRODUK FASHION DI INSTAGRAM

Main Author: SIDYANA GOTRA, 041411231245
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/69961/1/B.%2069-18%20Got%20p%20ABSTRAK.pdf
http://repository.unair.ac.id/69961/2/B.%2069-18%20Got%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/69961/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menguji perbedaan persepsi risiko, persepsi kualitas, sikap terhadap iklan, dan niat beli pada produk fashion berdasarkan strategi popularity cues dan price cues pada periklanan Instagram menggunakan uji MANOVA, yang kemudian dikaitkan dengan niat beli dengan menggunakan uji regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan desain faktorial 2 (popularity cues) x 2 (price cues) dan mengumpulkan data dari 180 partisipan dari kalangan mahasiswi. Stimuli dibentuk melalui 3 tahap yaitu pemilihan produk fashion yang akan digunakan dan penggunaan narasi yang dilakukan melalui pre test dan cek manipulasi. Variabel terukur persepsi risiko (5 indikator), persepsi kualitas (6 indikator), sikap terhadap iklan (7 indikator) dan niat beli (5 indikator) diukur dengan masing-masing skala Likert 5 poin. Dalam penelitian ini, pada main effect ditemukan bahwa penggunaan popularity cues yang berbeda memiliki perbedaan pada persepsi risiko, sikap terhadap iklan dan niat beli. Penggunaan kemunculan price cues juga lebih menghasilkan sikap terhadap iklan dan niat beli yang tinggi serta dapat menurunkan persepsi risiko. Pada interaction effect ditemukan bahwa kombinasi popularity cues dan price cues tidak memiliki perbedaan yang signifikan variabel terukur Selain itu, dalam penelitian terbukti bahwa sikap terhadap iklan berpengaruh positif terhadap niat beli, sesuai dengan penelitian sebelumnya.