PENGARUH VISUAL METAPHOR DAN BRAND FAMILIARITY PADA IKLAN PRODUK MAKANAN DI INSTAGRAM TERHADAP SIKAP TERHADAP IKLAN, SIKAP TERHADAP MEREK DAN NIAT BELI

Main Author: ELVINDA SHELLA MAURISA, 041411231248
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/69903/1/B.%2067-18%20Mau%20p%20ABSTRAK.pdf
http://repository.unair.ac.id/69903/2/B.%2067-18%20Mau%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/69903/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menguji pengaruh visual metaphor dan brand familiarity pada iklan di media sosial Instagram terhadap sikap terhadap iklan dan sikap terhadap merek menggunakan teknik analis uji MANOVA, kemudian dikaitkan dengan niat beli konsumen menggunakan uji regresi berganda. Penelitian ini menggunakan desain faktorial 3 x 2 dan menggunakan teknik random assignment pada 180 partisipan mahasiswa. Sebelum dilakukan main test, dalam penelitian ini dilakukan cek manipulasi untuk memastikan bahwa partisipan memahami stimuli hasil manipulasi peneliti, kemudian dilakukan pretest guna menentukan merek yang familiar dan tidak familiar. Variabel Dalam penelitian ini, pada main effect ditemukan bahwa penggunaan jenis visual metaphor yang berbeda akan menghasilkan perbedaan sikap terhadap iklan dan sikap terhadap merek. Visual metaphor jenis fusion lebih menghasilkan sikap terhadap iklan dan sikap terhadap merek yang tinggi. Pada brand familiarity juga ditemukan terdapat perbedaan sikap terhadap iklan dan sikap terhadap merek. Konsumen yang familiar pada merek akan menghasilkan sikap terhadap iklan dan sikap terhadap merek yang lebih tinggi dibandingkan konsumen yang tidak familiar. Pada interaction effect ditemukan bahwa kombinasi visual metaphor dan brand familiairty memiliki perbedaan yang dignifikan pada sikap terhadap merek, namun tidak pada sikap terhadap iklan. Selain itu, dalam penelitin ini terbukti bahwa sikap terhadap iklan berpengaruh positif pada sikap terhadap merek, kemudian sikap terhadap ikan dan sikap terhadap merek berpengaruh positif terhadap niat beli.