STUDI PERBEDAAN GENERASI DI PT PETROKIMIA GRESIK : WORK CENTRALITY, NARSISME, DAN HUBUNGANNYA DENGAN EMPLOYEE ENGAGEMENT

Main Author: BAMBANG ARIWIBOWO, 041514353040
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/69708/1/abstrak.pdf
http://repository.unair.ac.id/69708/2/full%20text.pdf
http://repository.unair.ac.id/69708/
Daftar Isi:
  • Dalam menghadapi persaingan yang ketat di era globalisasi seperti saat ini, Petrokimia Gresik (PKG) harus mempertahankan aset-aset yang dimilikinya agar mampu menghadapi persaingan terutama sumber daya manusia. Employee engagement merupakan salah satu cara untuk membuat karyawan memiliki loyalitas yang tinggi. Dari hasil survey employee engagement karyawan PKG tahun 2012 – 2016 terlihat bahwa employee engagement karyawan PKG mengalami penurunan. Dari penelitian Twenge (2010), menemukan dua hal yang menarik yang diidentifikasi dalam studi mereka yaitu : 1) Penurunan Work Centrality, 2) Peningkatan Narsisme pada angkatan generasi muda atau generasi Millenials. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh narsisme pada employee engagement, pengaruh narsisme terhadap work centrality, pengaruh work centrality terhadap narsisme dan narsisme terhadap employee engagement mealui work centrality pada generasi baby boomer dan millenials di tempat kerja. Hasil dari penelitian ini berdasarkan analisa pengolahan data statistik inferensial adalah terdapat pengaruh yang signifikan negatif secara statistik narsisme terhadap employee engagement, terdapat pengaruh yang signifikan negatif secara statistik terkait dengan narsisme terhadap work centrality, terdapat pengaruh yang signifikan positif secara statistik terkait dengan work centrality terhadap employee engagement. Terdapat pengaruh yang signifikan negatif secara statistik terkait dengan narsisme terhadap employee engagement melalui work centrality pada generasi baby boomers dan generasi millenials pada karyawan Petrokimia Gresik