PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITIES (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SUBSEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN DI BURSA EFEK INDONESIA 2010-2015

Main Author: DIANDRA SARAH AMELIA, 041113172
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/69674/1/A.54-18%20Ame%20p%20ABSTRAK.pdf
http://repository.unair.ac.id/69674/2/A.54-18%20Ame%20p%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unair.ac.id/69674/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berfokus pada pengujian pengaruh pengungkapan corporate social responsibilities yang mengacu pada global reporting initiative (GRI) guidelines G-3 terhadap nilai perusahaan. Penungkapan CSR diukur dari total skor dari tiap tiap dimensi penungkapan CSR berdasarkan dengan petunjuk GRI G-3 dalam pelaporan laporan keuangan perusahaan. Versi yang dapat diterapkan dari standar pelaporan GRI adalah GRI G-3. Nilai perusahaan diuur dengan nilai Tobin’s Q masingg masing perusahaan. Hipotesis yang diuji menggunakan SPSS 16 metode regresi sederhana dengan 9 sampel perusahaan manufaktur subsector makanan dan minuman yang terdaftar dibursa efek Indonesia dan mengungkapkan CSR di laporan tahunan tahun 2010-2015. Hasil dari penelitian memberikan bukti empiris bahwa penungkapan CSR dengan seluruh dimensi secara keseluruhan memiliki pengaruh yang negative dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil ini sangat berbeda dengan hasil penelitian pada umumnya yang menunjukan bahwa pengaruh pengungkapan CSR dapat berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Hal ini berbeda dengan perusaahaan pada subsector makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2010-2015.