PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT DAN ENTREPRENEURIAL SELF EFFICACY TERHADAP ENTREPRENEURIAL INTENTION DENGAN DIMEDIASI ENTREPRENEURIAL ATTITUDE PADA MAHASISWA YANG KULIAH SAMBIL BEKERJA

Main Author: RUKMANI DEWI AMBARI, 041211223069
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/69521/1/B.%2032-18%20Amb%20p%20ABSTRAK.pdf
http://repository.unair.ac.id/69521/2/B.%2032-18%20Amb%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/69521/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hal-hal berikut; (1) pengaruh adversity quotient terhadap entrepreneurial attitude; (2) pengaruh entrepreneurial self-efficacy terhadap entrepreneurial attitude; (3) pengaruh adversity quotient terhadap entrepreneurial intention; (4) pengaruh entrepreneurial self-efficacy terhadap entrepreneurial intention; (5) pengaruh entrepreneurial attitude terhadap entrepreneurial intention; (6) pengaruh adversity quotient terhadap entrepreneurial intention melalui entrepreneurial attitude; (7) pengaruh entrepreneurial self-effcacy terhadap entrepreneurial intention melalui entrepreneurial attitude. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi 111 responden dari mahasiswa universitas di Sidoarjo dan Surabaya yang kuliah sambil bekerja. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik sampling jenuh atau sensus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua hipoyesis memiliki pengaruh positif dan signifikan. Efek paling positif dan signifikan ditemukan pada hubungan entrepreneurial self-efficacy terhadap entrepreneurial attitude. Berdasrkan hasil tersebut, disarankan untuk meningkatkan psikologi mahasiswa (adversity quotient dan entrepreneurial self-efficacy) secara intensif melalui pendidikan kewirausahaan, baik dengan pembelajaran langsung maupun kegiatan lain yang berkaitan dengan kewirausahaan dalam rangka meningkatkan entrepreneurial attitude dan entrepreneurial intention. Entrepreneurial intention terbentuk dalam diri mahasiswa, sehingga stimulus dan dorongan yang sesuai adalah motivasi intrinsik mahasiswa tersebut.