PENGARUH REPUTASI PERUSAHAAN TERHADAP KUALITAS LABA PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Main Author: DEWI NURILLAH, 041311333126
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/69447/1/A.38-18%20Nur%20p%20ABSTRAK.pdf
http://repository.unair.ac.id/69447/2/A.38-18%20Nur%20p%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unair.ac.id/69447/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh reputasi perusahaan terhadap kualitas laba. Penulis berharap bahwa reputasi perusahaan yang tinggi akan menghasilkan kualitas laba yang lebih tinggi. Kualitas laba diukur dengan nilai absolut akrual diskresioner - Modified Jones (1991). Penulis menggunakan ukuran publik "100 Top Emiten" oleh majalah Investor sebagai proxy untuk reputasi perusahaan. Dan variabel kontrol yang terdiri dari pertumbuhan, ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan sampel yang berasal dari observasi 1092 perusahaan di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2016. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa reputasi perusahaan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laba. Variabel kontrol yaitu growth, leverage dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap kualitas laba sedangkan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas laba.