PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KINERJA PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2013-2015)

Main Author: FREDERIKUS A SITANGGANG, 041311333203
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/69446/1/A.37-18%20Sit%20p%20ABSTRAK.pdf
http://repository.unair.ac.id/69446/2/A.37-18%20Sit%20p%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unair.ac.id/69446/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan dengan kinerja perusahaan sebagai variabel mediasi. Pengungkapan CSR diukur menggunakan CSR Disclosure Index. Nilai perusahaan diproksikan dengan Tobin’s Q. Sedangkan kinerja perusahaan diproksikan dengan Return on Asset (ROA). Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode dokumentasi dengan data berupa laporan tahunan perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di BEI periode tahun 2013 – 2015. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling, dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 78 perusahaan manufaktur untuk tiap periode dengan total periode 3 tahun. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan metode analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja perusahaan yang diproksikan dengan ROA mampu memediasi pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan.