THE CONCEPT OF BEAUTY IN YOUC1000 2016 VIDEO ADVERTISEMENT: A MULTIMODAL ANALYSIS

Main Author: RIO SATRIA NUGROHO, 121411231108
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/69133/1/FS.BE%2014-18%20Nug%20c%20ABSTRAK.pdf
http://repository.unair.ac.id/69133/2/FS.BE%2014-18%20Nug%20c%20SKRIPSI.pdf
http://repository.unair.ac.id/69133/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Iklan berbentuk video yang ditayangkan di televise merupakan salah satu cara dalam mempromosikan sebuah produk untuk meraih keuntungan sebesarnya. Mengkombinasi beberapa aspek dalam multimodality merupakan cara untuk membungkus informasi yang akan dikirimkan ke penonton. Hal tersebut dilakukan karena sebuah iklan tidak dapat bergantung pada penggunaan Bahasa saja. Dalam iklan YouC1000, terdapat penerapan banyak aspek multimodality untuk membangun sebuah konsep kecantikan. Penelitian ini akan menganalisa iklan video YouC1000 edisi 2016. Elemen yang ditemukan dalam iklan tersebut adalah, narrative process, speech, camera angle, social distance, gaze, dan penyusunan aspek-aspek tersebut. Elemen-elemen tersebut akan dianalisa menggunakan teori dari Kress dan Leeuwen grammar of visual design (2006). Pada analisa Bahasa, teori tersebut terkait juga dengan systemic functional linguistics oleh Halliday and Matthiessen (2004). Dalam penelitian ini ditemukan lima fitur kecantikan yaitu kesehatan, rasa kasih sayang, menginspirasi, abadi, dan pengorbanan. Iklan tersebut menitikberatkan pada kesehatan karena sesuai dengan jargon iklan tersebut. Selanjutnya, konsep kecantikan yang ditampilkan berlaku untuk seluruh masyarkat tanpa terkecuali.