CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI ALAT BAGI PERUSAHAAN MULTINASIONAL MENGHADAPI RESISTENSI MASYARAKAT LOKAL: KASUS PERUSAHAAN SANTOS DENGAN MASYARAKAT LOKAL MADURA
Main Author: | FRANKY NUR DWI PRATAMA, 071514553005 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/68289/1/abstrak.pdf http://repository.unair.ac.id/68289/2/full%20text.pdf http://repository.unair.ac.id/68289/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana strategi pendekatan yang dilakukan oleh perusahaan Santos kepada masyarakat lokal Madura yang memiliki sisi ekonomi, politik dan budaya yang unik. Dalam sejarah operasinya, perusahaan Santos banyak mendapatkan aksi resistensi dari masyarakat lokal Madura. CSR yang mengandung tiga aspek yakni profit, people dan planet, menjadi salah satu bentuk interaksi perusahaan Santos kepada masyarakat lokal. Berdasarkan dari hasil data lapangan, perusahaan Santos telah mengintegrasikan antara program CSR dengan konteks lokal Madura baik dari sisi ekonomi, politik dan budaya. Hal inilah yang kemudian menjadikan Santos berhasil meraih social license to operate dari masyarakat lokal Madura. Selain itu, perusahaan Santos juga telah bekerja sama dengan LSM lokal, masyarakat lokal dan pemerintah daerah untuk melakukan musyawarah dengan tujuan memutuskan bentuk program CSR secara bersama. Adapun pada isu resistensi dari masyarakat lokal, program CSR yang bersifat voluntary juga telah menjadi solusi dalam meminimalisir adanya resistensi dari masyarakat lokal Madura.