PENERAPAN PROGRAM “TUBUHKU YANG BERHARGA” UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PERSONAL BODY SAFETY ANAK USIA 6 DAN 7 TAHUN DI SEKOLAH DASAR

Main Author: ROSITA PERMATASARI, 111414153020
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/67620/1/abstrak.pdf
http://repository.unair.ac.id/67620/2/full%20text.pdf
http://repository.unair.ac.id/67620/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program “Tubuhku yang Berharga” terhadap pengetahuan personal body safety anak usia 6-7 tahun di Sekolah Dasar. Penelitian ini difokuskan kepada anak usia 6-7 tahun karena pemberian pengetahuan pada masa tersebut menberikan kesempatan lebih baik untuk mengimplementasikan pengetahuan personal body safety. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen quasi dengan single group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini berjumlah 10 anak yang merupakan siswa di SD Al-Azhar Syifa Budi Surabaya. Subjek diberi perlakuan berupa penerapan program “Tubuhku yang Berharga” dengan metode pembelajaran multimedia untuk meningkatkan pengetahuan personal body safety. Pengetahuan personal body safety meliputi beberapa aspek yaitu mengenalkan nama yang tepat pada bagian tubuh, mengenalkan sentuhan yang baik dan tidak, menentukan orang yang boleh menyentuh bagian tubuh dan pada bagian yang mana, melaporkan kepada orang dewasa apabila ada yang menyentuh bagian tubuhnya dan keterampilan asertif. Alat pengumpul data berupa soal obyektif. Pengukuran pengetahuan personal body safety dilakukan melalui pretest dan posttest. Data dianalisa dengan menggunakan wilcoxon signed rank test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa program “Tubuhku yang Berharga” secara signifikan dapat meningkatkan pengetahuan personal body safety pada anak usia 6-7 tahun di sekolah dasar.