PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PROMOSI LAYANAN ELECTRONIC THESES (E-THESES) DI PERPUSTAKAAN PUSAT UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
Main Author: | ERISSA APRILLIA RENGGANIS, 071311633106 |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/67328/2/JURNAL_Fis.IIP.45%2017%20Ren%20p.pdf http://repository.unair.ac.id/67328/ http://journal.unair.ac.id/LN@persepsi-mahasiswa-terhadap-promosi-layanan-electronic-these-(e-theses)-di-perpustakaan-pusat-uin-maulana-malik-ibrahim-malang-article-11753-media-136-category-.html |
Daftar Isi:
- Personal selling merupakan salah satu kegiatan promosi yang saat ini diperlukan oleh perpustakaan perguruan tinggi guna memperkenalkan layanan yang dimilikinya. Seiring kemajuan teknologi perpustakaan diharuskan untuk mempertahankan diri dengan memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk mendapatkan informasi dengan memanfaatkan teknologi seperti layanan sumber informasi yang berbentuk elektronik, salah satunya pengadaan electronic theses. Kegiatan promosi yang dilakukan oleh Perpustakaan Pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan hanya menggunakan personal selling berpengaruh pada pemanfaatan layanan electronic theses tersebut, namun bagaimana tanggapan mahasiswa terhadap promosi layanan yang berbentuk elektronik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dari mahasiswa terhadap promosi layanan electronic theses (e-theses) di Perpustakaan Pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Proses persepsi dari DeVito yang digunakan dalam penelitian ini yang terdiri tiga proses yaitu proses penerimaan rangsang, proses pengorganisasian atau pengaturan rangsangan, dan proses penafsiran-evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode pengambilan sampel purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi mahasiswa terhadap promosi layanan electronic theses (e-theses) dari aspek penglihatan menghasilkan skor rata-rata 3,04 yang dinilai baik. Sedangkan pada aspek pendengaran, mahasiswa mempersepsikan promosi layanan electronic theses (e-theses) dalam kategori baik dengan skor rata-rata 2,89. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa promosi layanan electronic theses (e-theses) secara keseluruhan dinilai baik oleh mahasiswa.