MOTIVASI PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SMP AL-HIKMAH SURABAYA(Studi Kuantitatif Deskriptif Tentang Motivasi Pemanfaatan Perpustakaan oleh Siswa/Siswi SMP AL–HIKMAH Surabaya)
| Main Author: | REZA ILHAM NAHRULLOH, 071116057 |
|---|---|
| Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
| Bahasa: | ind |
| Terbitan: |
, 2016
|
| Subjects: | |
| Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/66930/1/ABSTRAK_Fis.IIP.03%2017%20Nah%20m.pdf http://repository.unair.ac.id/66930/2/FULLTEXT_Fis.IIP.03%2017%20Nah%20m.pdf http://repository.unair.ac.id/66930/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Perpustakaan sekolah merupakan perpustakaan yang dikelola oleh sekolah guna untuk mememuhi kebutuhan civitas akademi pendidikan disekolahan tersebut, adanya perpustakaan sekolah merupakan salah satu aspek pendukung dijalankannya pendidikan secara keseluruhan dan utuh, perpustakaan sekolah diadakan untuk memenuhi kebutuhan informasi untuk seluruh civitas akademika sekolah tersebut bukan hanya para siswa/siswi disekolahan tersebut tapi keseluruhan warga sekolah yang menjadi struktur di instasi sekolah tersebut, perpustakaan sekolah merupakan sumber belajar bagi siswa/siswi yang mengunjungi perpustakaan karena didalam perpustakaan tersebut terdapat informasi bagi siswa/siswi yang ingin mempelajari segala aspek pendidikan baik formal maupun non formal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tentang dorongan motovasi internal atau eksternal yang lebih kuat dalam memberikan motivasi kepada siswa/siswi yang dalam pemanfaatan perpustakaan, penelitian ini diadakan di perpustakaan SMP AL – Hikmah Surabaya dengan menggunakan 90 responden siswa/siswi, dengan pendekatan metode purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner untuk memperoleh jawaban sejelas mungkin dan dengan fakta – fakta yang ada dilapangan. Hasil penelitian ini ditemukan adanya dua motivasi internal dan eksternal yang dari kedua motivasi tersebut akan ditemukan motif mana yang memberikan dorongan yang lebih dominan kepada siswa/siswi dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah. Pemanfaatan perpustakaan bagi siswa/siswi didorong dengan adanya motivasi eksternal dan internal yang mempengaruhi siswa/siswi tersebut dalam memanfaatkan perpustakaan, dari kedua motivasi tersebut akan ditemukan motivasi apa yang paling dominan dalam memberikan dorongan siswa/siswi dalam memanfaatkan perpustakaan.
