PENGARUH BIG FIVE PERSONALITY DAN SELF REGULATED LEARNING PADA PRESTASI AKADEMIK SISWA SMA NEGERI DI KOTA TARAKAN

Main Author: RISKI SOVAYUNANTO, 111514253023
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/66921/1/abstrak.pdf
http://repository.unair.ac.id/66921/2/TESIS_RISKI%20SOVAYUNANTO_111514253023.pdf
http://repository.unair.ac.id/66921/
Daftar Isi:
  • conscientiousness (C), extraversion (E), agreeableness (A), neuoroticism (N) dan self regulated learning pada prestasi akademik Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Kota Tarakan. Variabel big five personality dalam penelitian ini menggunakan teori Golberg (1981, 1992, 1993), variabel self regulated learning menggunakan teori Zimmerman dan Martinez (1986) dan variabel prestasi akademik menggunakan teori Bloom. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif model regresi linear berganda. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1, SMAN 2, dan SMAN 3 Kota Tarakan dengan jumlah subjek sebanyak 101 siswa yang dipilih secara simple random sampling. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan Big Five Invetory (BFI) hasil adaptasi Neila Ramdhani (2012) sesuai bahasa dan budaya Indonesia dengan nilai reliabilitas 0,917, skala self regulated learning hasil modifikasi Laurensius Laka (2015) dengan nilai reliabilitas 0,939, dan prestasi akademik menggunakan nilai rata-rata pengetahuan siswa dalam raport semester satu tahun ajaran 2016/2017. Teknik analisis data menggunakan model regresi linear berganda dengan SPSS for windows versi 16.0. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai adjusted R square -0,017 dengan nilai signifikansi 0,630 (> 0,05), hal ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara openness to experience (O), conscientiousness (C), extraversion (E), agreeableness (A), neuroticism (N), dan self regulated learning pada prestasi akademik siswa SMA Negeri Di Kota Tarakan. Persamaan regresi yang dihasilkan tidak dapat digunakan untuk mengestimasi nilai dari variabel prestasi akademik siswa SMA Negeri di Kota Tarakan. Y= 76,769 + (-0,118)X1+(-0,009)X2 + 0,050 X3 + 0,000 X4 + 0,054 X5 + 0,024 X6 Secara parsial openness to experiences (O), conscientiousness (C), extraversion (E), agreeableness (A), neuoroticism (N) dan self regulated learning tidak memiliki pengaruh pada prestasi akademik siswa SMA Negeri di Kota Tarakan, masing-masing variabel memiliki nilai signifikan lebih besar dari 0,05, yaitu 0,356; 0,922; 0,550; 0,999; 0,489 dan; 0,158.