PENGGUNAAN SOCIAL STORY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA ANAK DENGAN AUTISM SPECTRUM DISORDER (ASD)

Main Author: Dyah Retno Palupi, 111314153029
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/66916/1/abstrak.pdf
http://repository.unair.ac.id/66916/2/TESIS-Dyah%20Retno%20Palupi-111314153029.pdf
http://repository.unair.ac.id/66916/
Daftar Isi:
  • Anak dengan autism spectrum disorder (ASD) tidak mampu mengembangkan hubungan dengan teman sebayanya atau pertemanan dengan tepat. Hal tersebut dikarenakan karena rendahnya keterampilan sosial yang dapat memfasilitasi pertemanan mereka. Rendahnya keterampilan sosial pada anak dengan autism spectrum disorder (ASD) membawa dampak yaitu dapat mempengaruhi keterampilan interpersonal anak, penerimaan teman sebaya, penyesuaian sosial dan kompetensi sosial. Penelitian dengan menggunakan metode multiple baseline design ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah penggunaan social story dapat meningkatkan keterampilan sosial pada anak dengan autism spectrum disorder (ASD). Materi dikemas bentuk buku cerita dengan memperhatikan susunan kalimat sesuai dengan teori social story milik Carol Gray. Materi juga disertai dengan visualisasi. Materi disampaikan kepada subjek penelitian dengan cara membaca buku cerita dan melakukan kegiatan role play. Subjek penelitian yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 3 orang, laki-laki, dan rentang usia 6 hingga 10 tahun. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan form observasi penelitian dengan menggunakan rating scale yang mengacu pada teori keterampilan sosial milik Gresham dan Elliot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan social story tidak dapat meningkatkan keterampilan sosial secara signifikan pada anak dengan autisme spectrum disorder (ASD). Berdasarkan hasil dari perhitungan Wilcoxon Signed Rank Test nilai signifkansi sebesar 0,109