PROMOSI LAUNDRY DI HOTEL (Studi Deskriptif Tentang Upaya Departemen Housekeeping Dalam Meningkatkan Pendapatan Laundry di Artotel Surabaya)
Main Author: | IFFAH YAHYA HERFANI, 151411413054 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/66748/1/ABSTRAK_FV.PW.51%2017%20Her%20p.pdf http://repository.unair.ac.id/66748/2/FULLTEXT_FV.PW.51%2017%20Her%20p.pdf http://repository.unair.ac.id/66748/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Pelayanan laundry yang ada dihotel merupakan fasilitas tambahan yang disediakan untuk tamu. Sebagai fasilitas tambahan yang juga ikut berperan menunjang pendapatan hotel, pelayanan laundry perlu dipromosikan agar permasalahan seperti tidak mencapainya target pendapatan laundry dapat diatasi. Promosi adalah kegiatan komunikasi yang bersifat persuasif atau mempengaruhi dan mengajak agar konsumen yakin untuk mencoba produk atau jasa yang ditawarkan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif. penulis meneliti bagaimana upaya promosi yang dilakukan di sebuah hotel. Promosi ini dilaksanakan oleh Departemen Housekeeping, dimana departemen ini merupakan penanggung jawab atas layanan laundry yang ada di Artotel Surabaya. Sehingga rumusan masalah yang dapat diteliti yaitu bagaimana upaya departemen housekeeping dalam meningkatkan pendapatan laundry Artotel Surabaya dan apakah dengan upaya tersebut, hasilnya pendapatan laundry bisa mencapai target?. Jawaban dari penelitian yang dilakukan selama 3 bulan mulai Bulan Februari sampai Bulan April tahun 2017 menghasilkan upaya – upaya yang dilakukan oleh Departemen Housekeeping Artotel Surabaya untuk meningkatkan pendapatan laundry adalah melalui promosi. Promosi tersebut dilakukan dalam beberapa cara yang dipilih dan dianggap efektif. Bentuk –bentuk promosi tersebut adalah promosi penjualan dengan membuat diskon atau potongan harga sebesar 30%. Kemudian promosi dengan cara personal selling yang dilakukan oleh room attendant. Dan yang terakhir promosi potongan harga sebesar 30% melalui media brosur yang di tata semenarik mungkin di dalam kamar tamu. Dan upaya – upaya tersebut dapat dikatakan berhasil untuk meningkatkan pendapatan laundry yang ada di Artotel surabaya.