PENERAPAN RELATIONSHIP CENTERED CARE DENGAN METODE PRECEPTORSHIP TERHADAP PENURUNAN STRES DAN PENINGKATAN PERILAKU CARING MAHASISWA PRAKTIK PROFESI NERS

Main Author: Made IndraAyuAstarini, 131514153025
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/66151/1/abstrak.pdf
http://repository.unair.ac.id/66151/2/Made%20Indra%20Ayu%20Astarini_131514153025_Tesis.pdf
http://repository.unair.ac.id/66151/
Daftar Isi:
  • Pengalamanbelajarklinikmahasiswadapatmenimbulkanstresbagimahasiswadalam menghadapinya. Perubahanlingkunganbelajardarilingkunganakademiskelingkunganklinikdapatme micumunculnyastres. Begitujugadengankesiapanmahasiswadalammenghadapitugasbarusebagaicalonper awat yang akanbertemupasien. Ketidaksiapanmahasiswadalampraktikakanmenimbulkanperilakutidakcaringpadap asien. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmenjelaskanpengaruhpenerapanrelationship centered caredeganmetodepreceptorshipterhadappenurunanstresdanpeningkatanperilakuca ringpadamahasiswapraktikprofesiNersMetode:Desainpenelitianiniadalahquasy experimentaldenganpre-post testcontrol design. Besarsampeladalah 12 sampeluntuksetiapkelompok, danteknik sampling yang digunakanadalahcluster sampling. Variabelindependenadalahrelationship centered caredenganmetodepreceptorship.Variabeldependenadalahstresdanperilakucaring. Pengumpulan data melaluipengisiankuesionerDASSdanjugalembarobservasicaring. Data yang sudahterkumpulkemudiandianalisisdenganmenggunakanuji Wilcoxon danMann- Whitney U test. HasildanAnalisis:Hasilpenelitianmenunjukkanadaperbedaantingkatstres yang signifikanantarakelompokkontroldankelompokperlakuanp= 0,001 (α= 0,05). Begitujugadenganperilakucaring, terdapatperbedaanperilakucaringantarakelompokkontroldankelompokperlakukanp = 0,001 (α= 0,05). Diskusi: InstitusipendidikandanjugarumahsakitdapatmenerpkanmetodeRelationship centered caredenganmetodepreceptorshipsebagaimetodebimbinganklinikpadamahasiswapr aktikprofesiNerskarenametodetersebutdapatmengurangitingkatstresmahasiswadan dapatmeningkatkanperilakucaringmahasiswa.