HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN SELF EFFICACY MENGHADAPI UJIAN NASIONAL PADA SISWA KELAS XII SMA X
Main Author: | ANISA NUR MAULIDIA, 111211133116 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/66113/1/Psi.71-17%20Mau%20h%20-%20Abstrak.pdf http://repository.unair.ac.id/66113/2/Psi.71-17%20Mau%20h%20-%20Fulltext.pdf http://repository.unair.ac.id/66113/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena perilaku mencontek dan menggunakan kunci jawaban saat ujian nasional yang disebabkan oleh self efficacy siswa yang rendah. Dukungan sosial dari keluarga diketahui merupakan salah satu aspek penting dalam memberikan dukungan secara emosional, informatif dan instrumental. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan self efficacy menghadapi ujian nasional pada siswa kelas XII SMA X. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 181 siswa kelas XII SMA X dengan usia 16-21 tahun. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportionate random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan skala dukungan sosial keluarga dengan hasil reliabilitas cronbach’s alpha 0,892 dan skala self efficacy penulis menggunakan alat ukur yang sudah ada dari Suryatama (2014) dengan hasil reliabilitas cronbach’s alpha 0,814. Analisis data dilakukan dengan korelasi Product Moment dari Pearson Berdasarkan analisis data diperoleh signifikansi korelasi (r = 0,494) ; p = 0,005), hal ini menunjukkan bahwa ada hubugan positif antara dukungan sosial keluarga dengan self efficacy menghadapi ujian nasional pada siswa kelas XII SMA X. Sehingga semakin tinggi dukungan sosial keluarga maka semakin tinggi self efficacy. Begitu pula sebaliknya semakin rendah dukungan sosial keluarga maka semakin rendah self efficacy. Diperoleh