PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN BIG FIVE DAN PERCEIVED RISK TERHADAP PURCHASE INTENTION: STUDI KASUS PADA KONSUMEN E-COMMERCE

Main Author: WENDY SURYA OCTAVIRIANTO, 111111144
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/66010/1/Psi.58-17%20Oct%20p%20-%20Abstrak.pdf
http://repository.unair.ac.id/66010/2/Psi.58-17%20Oct%20p%20fulltext.pdf
http://repository.unair.ac.id/66010/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh tipe kepribadian big five dan perceived risk terhadap purchase intention pada konsumen situs e-commerce. Tipe kepribadian big five ini terdiri dari lima dimensi tipe kepribadian, yaitu openness to experience, conscientiousness, extraversion, agreeableness, dan neuroticism (Costa & Mcrae, 1997). Perceived risk merupakan konsep dasar dalam perilaku konsumen yang menyiratkan pengalaman konsumen pra-pembelian atas ketidakpastian mengenai jenis dan tingkat kerugian yang diprediksi atau konsekuensi dari pembelian atau pengunaan suatu produk (YE Naiyi, 2004). Purchase intention merupakan kecenderungan untuk melakukan perilaku atau sesuatu yang mendahului perilaku pembelian yang sebenarnya (Fishbein dan Ajzen dalam Engel, dkk, 1995:137). Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa aktif Fakultas Psikologi Universitas Airlangga dengan subjek sebanyak 283 orang. Alat pengumpul data yang digunakan penelitian ini merupakan alat ukur tipe kepribadian big five yang disusun oleh Mastuti (2005) yang diadaptasi bedasarkan bank data inventory International Personality Item Pool (IPIP) oleh Goldberg. Alat ukur perceived risk disusun bedasarkan teori yang dijelaskan oleh YE Naiyi (2004). Sedangkan Alat ukur purchase intention dalam penelitian ini menggunakan skala yang disusun oleh Yuke & Fajrianthi (2010) dalam penelitian yang berjudul “Analisis Perbedaan Tingkat Intensi Membeli Melalui Media Internet Ditinjau dari Tipe Gaya Hidup pada Konsumen Pengguna Internet”. Analisis data yang dilakukan menggunakan teknik analisis jalur dengan bantuan IBM SPSS Statistics 21. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara keseluruhan tipe kepribadian big five terhadap purchase intention yang dilihat bedasarkan p-value yang lebih besar dari alpha 5% (0,05). Sedangkan perceived risk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap purchase intention dan memberikan kontribusi 38,8% (β = -0,682, sig. < 0,05) terhadap purchase intention.