HUBUNGAN ANTARA SIKAP DAN NORMA SUBJEKTIF DENGAN INTENSI MEMBELI PRODUK HALAL
Main Author: | MUHAMMAD RIFQI ARSYADA, 111211133011 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/65881/1/abstrak.pdf http://repository.unair.ac.id/65881/2/Text%20%28FULLTEXT%29%20-%20MUHAMMAD%20RIFQI.pdf http://repository.unair.ac.id/65881/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sikap dan norma subjektif dengan intensi membeli produk halal. Variabel independen dalam penelitian ini adalah sikap terhadap produk halal (Hogg & Vaughan, 2011; Ajzen, 2012) dan norma subjektif (Hogg & Vaughan, 2011; Ajzen, 2012) yang dioperasionalisasikan dengan centrality of religiosity (Huber & Huber, 2012). Sedangkan variabel dependen adalah intensi membeli produk halal (Dodds, dkk., 1991 dalam Lin & Lu, 2010). Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan pengambilan data dengan survey berupa kuesioner. Penelitian dilakukan pada masyarakat muslim di Indonesia yang berusia 18-59 tahun dengan jumah sampel 213 responden. Alat pengumpul data yang digunakan berupa skala Buying Product Habits (Maison, n.d., dalam Maison, dkk., in press) dengan jumlah 3 item dan reliabilitas 0.568, skala The Centrality of Religiosity (Huber & Huber, 2012) dengan jumlah 5 item dan reliabilitas 0.656 dan alat ukur Intensi Membeli (Maison, dkk., in press) dengan jumlah 2 item dan reliabilitas 0.762. Data dianalisis menggunakan statistik non parametric dengan teknik korelasi Spearman’s rho. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara sikap dengan intensi membeli produk halal dengan koefisien korelasi sebesar 0.544. Dan terdapat hubungan antara norma subjektif dengan intensi membeli produk halal dengan koefisien korelasi sebesar 0.012.