PENGARUH SELF-EFFICACY DAN EXPECTANCY-VALUE TERHADAP KECEMASAN MENGHADAPI PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS 1 SMP NEGERI 19 SURABAYA TARUN AJARAN 1994/1995
Main Author: | NUR AINY FARDANA NAWANGSARI, 079012970 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 1995
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/64777/2/KKB%20KK%20Psi%2089.95%20Naw%20p.pdf http://repository.unair.ac.id/64777/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari self-efficacy dan expectancy-value terhadap keeemasan menghadapi pelajaran matematika. Penelitian tentang peranan self-efficacy dalam keeemasan menghadapi matematika antara lain telah dilakukan oleh Fennema (1980), Haeket (1985), Pintrieh & De Groot ยท(1990) Meece, dkk, (1990), dan Pajares & Miller, (1994). Sedangkan expectancy-value, menurut Sarason (1980) dan Meece, dkk (1990) disebutkan sebagai prediktor terhadap kecemasan matematika. Dan peranan self-efficacy dan expectancyvalue sebagai prediktor terhadap kecemasan matematika merupakan temuan dari penelitian yang dilakukan oleh Meece, dkk (1990). Populasi dalam peneli tian ini adalah siswa kelas 1 SMP Negeri 19 Surabaya tahun ajaran 1994/1995. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Darl 335 siswa kelas I, diambil 184 orang ncbilqai silDlple pcnclit.iiln.