Daftar Isi:
  • Sikap konsumen terhadap pesan lingkungan dapat mengakibatkan perilaku konsumen tidak mendukung lingkungan. Salah satu penyebab iklan pesan lingkungan mendapatkan sikap yang negatif adalah karena menggunakan pesan tegas. Hal ini menjadi pertanyaan karena pesan tegas dianggap sebagai pesan yang tidak efektif. Penelitian ini melihat dampak dari ketegasan pesan dan kerangka pesan dalam sebuah iklan dalam membuat iklan yang efektif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang diikuti oleh 215 mahasiswa S1 pada salah satu departemen perguruan tinggi ternama di Surabaya. Penelitian ini menggunakan komunitas pencinta lingkungan fiktif yang bernama Green Community untuk mencegah bias. Pesan dikemas dalam kerangka positif dan negatif. Masing-masing pesan disampaikan secara tegas dan tidak tegas. Dari kombinasi kedua variabel ketegasan pesan dan kerangka pesan dibuat empat buah iklan yang berbeda. Baik ketegasan pesan maupun kerangka pesan tidak memberikan hasil yang berbeda secara statistik. Meskipun demikan kombinasi keduanya memberikan hasil yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan kombinasi iklan tidak tegas dan kerangka positif mendapatkan sikap tertinggi dibandingkan yang lainnya. Sedangkan kerangka positif ketika dikombinasikan dengan pesan tegas justru menurun jauh. Hasil Penelitian ini dapat diaplikasikan di iklan cetak maupun digital yang menggunakan sedikit kata.