UKURAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, DAN KEPUTUSAN PENDANAAN DI PASAR MODAL
Main Author: | NADIA MAULIZA, NIM: 041311233254 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/63868/1/KKB%20KK-2%20B%20162_17%20Mau%20u%20ABSTRAK.pdf http://repository.unair.ac.id/63868/2/KKB%20KK-2%20B%20162_17%20Mau%20u.pdf http://repository.unair.ac.id/63868/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Persaingan di dunia usaha semakin tajam dalam pasar yang semakin global sehingga perusahaan dituntut untuk terus melakukan pengembangan. Dalam upaya melakukan pengembangan usaha, dibutuhkan adanya tambahan dana oleh perusahaan. Pasar modal merupakan salah satu pasar yang paling sering digunakan perusahaan untuk mendapatkan sumber pendanaan. Terdapat dua alternatif keputusan pendanaan di pasar modal yang paling sering digunakan oleh perusahaan, yaitu melalui penerbitan saham dan penerbitan obligasi. Namun di antara perusahaan go-public, tidak banyak perusahaan meningkatkan modal di pasar ekuitas dan obligasi secara berulang. Oleh karena itu penelitian ini berfokus pada karakteristik perusahaan mana yang terkait dengan kemungkinan perusahaan meningkatkan modal berupa ekuitas atau obligasi di pasar modal. Jenis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif, sedangkan sumber data yang digunakan adalah data sekunder berupa data panel. Objek penelitian adalah perusahaan-perusahaan sector manufaktur yang terdaftar di Burssa Efek Indonesia periode 2010 hingga 2014. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Probit. Berdasarkan hasil uji efek marjinal regresi probit, dapat disimpulkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh terhadap keputusan perusahaan menerbitkan saham dan obligasi. Pertumbuhan perusahaan berpengaruh terhadap keputusan perusahaan menernitkan saham namun tidak berpengaruh terhadap keputusan perusahaan menerbitkan obligasi.