ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG DI BANK MUAMALAT INDONESIA (studi pada nasabah Bank Muamalat Indonesia di Kota Surabaya)

Main Author: DEFTYAN HADI PRATITA, 041014084
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/61163/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.unair.ac.id/61163/2/FULLTEXT%20FEB%20EI%2075-17%20Pra%20a.pdf
http://repository.unair.ac.id/61163/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah menabung di Bank Muamalat Indonesia terutama di Kota Surabaya Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis faktor eksploratori. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Muamalat Indonesia di Kota Surabaya. Jumlah sampel pada saat pre eliminary test dengan melakukan focus group discussionsebanyak 10 orang nasabah, dan untuk main test dibutuhkan sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan ada delapan faktor yang berpengaruh pada keputusan nasabah menabung di Bank Muamalat Indonesia. Delapan faktor tersebut sebagai hasil reduksi dari proses pengolahan analisis faktor. Kedelapan faktor tersebut dinamai faktor penyedia layanan, persepsi normatif, kejelasan informatif, proses transaksi, nilai syariah produk, referral, kesesuaian lingkungan dan layout design kantor. Saran bagi Bank Syariah, memperbarui sarana prasaran yang menjadi salah satu daya tarik nasabah dan meningkatkan tampilan fitur mobile-banking Bank Muamalat Indonesia. Saran bagi peneliti selanjutnya dapat menguji faktorfaktor yang terbentuk dan ditambahkan variabel baru yaitu penetapan nisbah yang berpengaruh terhadapat keputusan menabung di BMI. peneliti selanjutnya yang kedua dapat menguji faktor-faktor yang terbentuk dan mempengaruhi variabel lain yaitu keputusan nasabah BMI menggunakan produk selain tabungan dari BMI.