STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK FUNDING KSPPS BMT AMANAH UMMAH JAWA TIMUR

Main Author: INDI MASITA LISDAWAMI, 041211433048
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/61029/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.unair.ac.id/61029/2/FULLTEXT%20FEB%20EI%2057-17%20Lis%20s.pdf
http://repository.unair.ac.id/61029/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Problem utama dari lembaga keuangan mikro adalah rendahnya modal. Disamping itu sebagai lembaga intermediasi, Baitul Maal Wat Tamwil harus mampu bersaing dengan beberapa lembaga keuangan seperti dengan sesama BMT, Lembaga Mikro Konvensional dan Lembaga Keuangan lain, sehingga BMT harus memiliki strategi yang tepat di dalam operasionalnya salah satunya didalam hal strategi pengembangan produk Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan produk funding pada KSPPS BMT Amanah Ummah Jawa Timur. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan strategi yang digunakan adalah strategi pengembangan produk keuangan syariah menurut Suwailem yang memilki tiga strategi utama yakni Strategi Imitasi, Strategi Mutasi, dan Strategi Kepuasan yang dalam teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara (Interview) kepada informan yang mengetahui proses pengembangan produk KSPPS BMT Amanah Ummah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa saat ini KSPPS BMT Amanah Ummah memilki 11 jenis produk simpanan yang pengembangan produkproduknya lebih banyak menggunakan strategi mutasi. Strategi Mutasi yaitu strategi yang mengembangkan produk baru dengan melihat produk yang ada pada lembaga keuangan syariah kemudian di modifikasi sesuai kebutuhan masyarakat.