DISTRIBUSI TIKET PESAWAT PT. SRIWIJAYA AIR SURABAYA Studi Deskriptif Tentang Distribusi Tiket Pesawat oleh Kantor Cabang PT. Sriwijaya Air di Surabaya

Main Author: EVI FAUZIAH MUDA, 151411413051
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Vokasi , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/60720/1/KKB%20KK%20FV.PW.25-17%20Mud%20d%20ABSTRACT.pdf
http://repository.unair.ac.id/60720/2/KKB%20KK%20FV.PW.25-17%20Mud%20d%20TUGAS%20AKHIR.pdf
http://repository.unair.ac.id/60720/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Akses internet yang mudah dan kemajuan teknologi yang pesat menjadikan penerapan E-commerce didalam dunia Penerbangan semakin dikembangkan. Hal tersebut menimbulkan persaingan di antara maskapai – maskapai penerbangan yang ada di Indonesia untuk memasarkan tiket pesawatnya. Salah satu cara terbaaik untuk memasarkan tiket adalah dengan melakukan kegiatan distribusi. Pengaplikasian sistem E-commerce pada kegiatan distribusi menjadi kombinasi yang tepat bagi pengembangan pelayanan yang efektif dan efisien untuk penumpang. Oleh karena itu penulis ingin mengkaji beberapa poin dalam penelitian ini, yaitu mengenai distribusi tiket pesawat oleh PT. Sriwijaya Air cabang Surabaya dan agen yang bekerjasama. Serta jenis ecommerce apa saja yang diterapkan oleh maskapai. Untuk melaksanakan penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan metode wawancara tidak berstruktur dengan melakukan Tanya jawab secara langsung kepada narasumber sesuai dengan pedoman wawancara. Selain itu kegiatan observasi yang dilakukan pada lokasi penelitian yaitu di kantor cabang PT. Sriwijaya Air Surabaya serta dilengkapi dengan beberapa bahan dokumen. Namun penulis mendapatkan pembatasan informasi karena bersifat rahasia. Berdasarkan analisis data yang ada, bahwa kegiatan distribusi yang dilakukan oleh PT. Sriwijaya Air cabang Surabaya berjalan dengan efektif, efisien dan lancar karena adanya motode dalam bentuk penerapan e-commerce ke dalam sistem reservasi online tiket pesawat. Jenis e-commerce yang diimplementasikan diantaranya B2C (Bussiness To Customer) yang berupa website resmi Sriwijaya Air dimana penumpang sebagai penggunanya dan B2B (Bussiness To Bussiness) berupa Sriwijaya Air Agent Application sebagai sistem reservasi online yang dioperasikan oleh Travel Agent. Penggunaan sistem online tersebut membuat banyak agen yang ingin bekerjasama Dengan seperti itu, terjadi pembagian porsi pada penjualan tiket yang dilakukan oleh beberapa pihak, dari kantor cabang dan Travel Agent. Kerjasama yang baik dan saling menguntungkan terjadi diantara kedua belah pihak sehingga penjualan tiket pesawat mengalami peningkatan.