CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE SEBAGAI MEDIASI PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013 – 2015)
Main Author: | DIANURA ALFIYANI, 041311333044 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unair.ac.id/60654/1/ABSTRAK.pdf http://repository.unair.ac.id/60654/2/A.%20208-17%20Alf%20c.pdf http://repository.unair.ac.id/60654/ http://lib.unair.ac.id |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Disclosure (CSRD) sebagai variabel mediasi. Sampel yang digunakan adalah 370 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013 hingga 2015 yang telah memenuhi kriteria yang ditentukan. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan alat bantu software SPSS versi 20 dengan metode analisis jalur dengan regresi bertahap. Model pertama menguji pengaruh orientasi pasar terhadap CSRD dengan menggunakan metode analisis regresi linear sederhana, sedangkan model kedua dianalisis menggunakan regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar dan CSRD terhadap kinerja perusahaan, sedangkan efek mediasi CSRD diuji dengan menggunakan uji Sobel. Hasil peneitian ini menunjukkan bahwa orientasi pasar berpengaruh positif dan sangat signifikan terhadap CSRD, selain itu telah terbukti bahwa baik orientasi pasar dan CSRD berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan. Secara keseluruhan, dalam penelitian ini membuktikan bahwa pengungkapan CSR (CSRD) mampu bertindak sebagai mediator antara orientasi pasar dan kinerja perusahaan.