ANALISIS PENGARUH AFFECTIVE COMMITMENT TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) DENGAN JOB SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA GURU-GURU DI SMA NEGERI 15 SURABAYA

Main Author: MOHAMMAD GUSTI AIRLANGGA, 041112131
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/60620/1/1.%20ABSTRAK%20B%2064-17%20Air%20a.pdf
http://repository.unair.ac.id/60620/2/2.%20FULLTEXT%20B%2064-17%20Air%20a.pdf
http://repository.unair.ac.id/60620/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Untuk membangun karekter yang baik, guru-guru dituntut untuk bekerja secara konsisten. Affective commitment yang tinggi dibutuhkan agar guru-guru dapat bekerja secara konsisten karena sudah merasa sebagai bagian penting didalam sekolah, hal tersebut mendorong job satisfaction guru-guru dalam bekerja. Kepuasan yang dirasakan guru-guru dalam menjalankan perannya dapat memberikan dampak baik bagi sekolah. Dengan tingkat job satisfaction yang tinggi, guru-guru akan melakukan pekerjaan melebihi ekspektasi sebagai salah satu contoh dari organizational citizenship behavior. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan antara affective commitment yang dimediasi oleh job satisfaction terhadap organizational citizenship behavior serta pengaruh langsung antara affective commitment terhadap organizational citizenship behavior. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh guru-guru yang ada di SMA Negeri 15 Surabaya dengan menggunakan metode survey dan analisis data dilakukan dengan menggunakan software SmartPLS 3.2.3. Hasil menunjukkan bahwa semua hipotesis didukung dimana variabel affective commitment memiliki korelasi positif yang kuat dengan job satisfaction, begitupun job satisfaction memiliki korelasi positif yang kuat terhadap organizational citizenship behavior serta affective commitment secara langsung memiliki korelasi positif terhadap organizational citizenship behavior.