DAMPAK MODERASI INOVASI PADA HUBUNGAN STRATEGI DENGAN KINERJA KEUANGAN (Pada Usaha Kecil Menengah Batik di Kota Solo)

Main Author: IVON YOSSY, 041311333030
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/60478/1/ABSTRAK.pdf
http://repository.unair.ac.id/60478/2/A.%20159-17%20Yos%20d.pdf
http://repository.unair.ac.id/60478/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Strategi adalah hasil keputusan yang dipilih sebagai acuan sebuah usaha dengan lingkungan, struktur, proses dan pengelolaan sumber daya yang dimiliki sehingga dapat mempengaruhi kinerja perusahaan. Cara lain agar strategi dapat berpengaruh lebih terhadap kinerja perusahaan adalah dengan inovasi. Inovasi didefinisikan sebagai “penerapan ide ide baru yang dapat menciptakan nilai”. Kinerja perusahaan dapat diukur dengan kinerja keuangan dan kinerja non keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris tentang hubungan strategi dengan kinerja keuangan dan inovasi sebagai pemoderasi. Penelitian ini dilakukan dengan model penyebaran kuisioner. Populasi nya adalah pengelola UKM Batik yang ada di Solo. Sampel dalam penelitian ini adalah 71 pengelola UKM Batik yang ada di Solo. Penelitian ini menggunakana metode kuantitatif dan melakukan pengujian menggunakan regresi linier sederhana dan Moderated Regression Analysis (regresi linier berganda). Hipotesis dianalisis menggunakan SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel strategi berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan dan terbukti signifikan. Variabel moderasi inovasi berpengaruh positif terhadap hubungan strategi dengan kinerja keuangan dan terbukti signifikan. Tingkat kepercayaan yang digunakan adalah 95%, sehingga tingkat presisi atau batas kesalahan (α) = 5%. Hal ini ditunjukkan pada nilai signifikan hitung < tingkat sig (0,05).