PERAN MEDIASI SELF EFFICACY PADA PENGARUH MINAT DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KESIAPAN BERWIRAUSAHA PADA SISWA SMKN 5 SURABAYA

Main Author: AHMAD ASHARI, 041311223032
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unair.ac.id/60477/1/1.%20ABSTRAK%20B%2054-17%20Ash%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/60477/2/2.%20HALAMAN%20DEPAN%20B%2054-17%20Ash%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/60477/3/3.%20FULLTEXT.%20B%2054-17%20Ash%20p.pdf
http://repository.unair.ac.id/60477/
http://lib.unair.ac.id
Daftar Isi:
  • Pengembangan kewirausahaan untuk siswa SMK mulai menarik perhatian sejumlah pengusaha. Peluang kerja sama SMK- industri mengembangkan kewirausahaan di sekolah terbuka salah satunya lewat koperasi sekolah. Akan tetapi saat ini yang menjadi permasalahan di SMK pada umumnya adalah sekolah belum punya bengkel standar. Program ini butuh dukungan Kementerian Koperasi dan UKM agar koperasi sekolah bisa berjalan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh langsung minat berwirausaha terhadap kesiapan berwirausaha pada siswa SMKN 5 Surabaya (2) Untuk mengetahui pengaruh langsung pengetahuan kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha pada siswa SMKN 5 Surabaya. (3) Untuk mengetahui pengaruh tidak langsung minat berwirausaha terhadap kesiapan berwirausaha dengan self efficacy sebagai variabel mediasi pada siswa SMKN 5 Surabaya. (4) Untuk mengetahui pengaruh tidak langsung pengetahuan kerwirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha dengan self efficacy sebagai variabel mediasi pada siswa SMKN 5 Surabaya. Data diperoleh melalui kuisioner yang disebarkan kepada siswa kelas XIII. Total responden yang berpartisipasi berjumlah 125. Hasil jawaban responden dalam kuesioner tersebut selanjutnya diolah dan diuji dengan Analisis AMOS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hipotesis pertama diterima karena ditemukan pengaruh langsung yang positif dan signifikan minat berwirausaha terhadap kesiapan berwirausaha siswa SMKN 5 Surabaya (2) Hipotesis kedua ditolak karena tidak ditemukan pengaruh langsung yang positif dan signifikan pengetahuan kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha siswa SMKN 5 Surabaya (3) Hipotesis yang ketiga diterima karena ditemukan pengaruh tidak langsung yang positif dan signifikan minat berwirausaha terhadap kesiapan berwirausaha dengan self efficacy sebagai variabel mediasi pada siswa SMKN 5 Surabaya. (4) Hipotesis yang keempat diterima karena ditemukan pengaruh tidak langsung yang positif dan signifikan pengetahuan kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha dengan self efficacy sebagai variabel mediasi pada siswa SMKN 5 Surabaya